Visi Dinas Ketahanan Pangan yang dirumuskan adalah

“ Mewujudkan Ketahanan Pangan Daerah yang mantap dan Penyuluhan yang Profesional”

Maksud dari rumusan ini adalah mewujudkan kondisi ketahanan pangan penduduk Kota Ternate sampai pada tingkat rumah tangga sebagai sasaran mikro baik berkecukupan kuantitas maupun kualitas pangan yang beragam begizi dan seimbang serta terjangkau daya beli masyarakat.Sedangkan penyuluhan diharapkan sebagai tulang punggung dari tercapainya ketahanan pangan.Hal ini mengisyaratkan perlunya tersedia tenaga penyuluh yang handal dan profesional dalam rangak mewujudkan ketahanan pangan daerah dan peningkatan kesejahteraan petani.

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, Dinas Ketahanan Pangan menetapkan misi yang harus dilaksanakan, sesuai dengan Peraturan Daerah yaitu :

  1. Meningkatkan kesemimbangan sistem ketahanan pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah yang mantap dan berkelanjutan.
  2. Meningkatkan koordinasi lintas pelaku dalam memantapkan sistem ketahanan pangan daerah sebagai bagian dari ketahanan pangan nasional.
  3. Mendorong dan menfasilitasi peran serta masyarakat dalam upaya menciptakan kondisi ketahahan pangan di tingkat rumah tangga.
  4. Mengembangkan kelembagaan ketahanan pangan dan kelembagaan penyuluhan pertanian.
  5. Meningkatkan kapasitas dan kompetensi ketenagaan penyuluhan pertanian
  6. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia petani dan kelembagaan petani.
  7. Mengoptimalkan sumberdaya alam dan lingkungan strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan daerah